Senin, 07 November 2011

Mengenal IDE CodeGear Delphi 2009


CodeGear™ Delphi® 2009

Apakah IDE itu ?
IDE Singkatan dari Integrated Development Environment yaitu Program Komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan untuk membangun/ membuat perangkat lunak atau software. Tujuannya untuk memberikan utilitas yang diperlukan untuk membangun suatu perangkat lunak atau software.

Mengenal CodeGear™ Delphi® 2009
CodeGear merupakan divisi usaha dari Embarcadero Technologies. CodeGear mengembangkan perangkat lunak pembantu pengembangan seperti IDE Delphi, bahasa pemrograman Delphi, dan peladen basis data Interbase. Pada awalnya CodeGear merupakan divisi dari Borland, didirikan pada 14 November 2006. CEO pertama CodeGear adalah Ben Smith, dan saat ini jabatan tersebut dipegang oleh Jim Douglas. 

Sejarah singkat tentang CodeGear
Mungkin bisa dijadikan lanjutan dari post pertama, kedua dan ketiga tentang Sejarah Delphi. Berikut secara singkatnya.

Pada tanggal 8 Februari 2006 Borland mengumumkan bahwa perusahaan tersebut mencari pembeli atas divisi IDE dan produk basis data. Divisi ini secara internal kemudian mengorganisir menjadi sebuah divisi bernama "CodeGear". Beberapa waktu kemudian, lima pihak mengajukan minat atas divisi tersebut. Namun, tidak satu pun diantaranya yang dapat memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Borland, seperti yang diutarakan oleh CEO Borland saat itu Tod Nielsen.
Laporan tahunan Borland tahun 2006 menunjukkan bisnis IDE CodeGear berhasil mecetak penjualan sebesar $75.7 juta pada tahun 2006, yang berarti 25 persen dari total pendapatan Borland.
Pada tanggal 7 Mei 2008 Borland dan Embarcadero Technologies mengumumkan bahwa Embarcadero telah menandatangani perjanjian atas pembelian aset untuk membeli CodeGear. Akuisisi tersebut, yang diperkirakan senilai $24.5 juta, ditutup pada tanggal 30 Juni 2008. – dikutip dari: http://id.wikipedia.org/wiki/CodeGear

 IDE Delphi 2009

Keterangan dari gambar diatas:
  1. Toolbar
  2. Structure / Object TreeView
  3. Main Form designer, Code Editor, Welcome Page
  4. Project Manager, Model view, Data Explorer
  5. Object Inspector
  6. Shortcut untuk berpindah dari code editor ke design form atau sebaliknya 
  7. Tool palette
Penjelasan singkat

Toolbar
Toolbar

Atau bisa disebut dengan Menu. Menu disini seperti dengan menu aplikasi lainya seperti MS Office, CorelDraw, Photoshop dan lain sebagainya. Tentu dengan fungsi yang berbeda dan tidak sepenuhnya sama. Sebut saja aplikasi MS Office, selain untuk menyimpan, juga depan Open, Print, Page Setup dan lain-lain, sementara untuk CodeGear™ Delphi® 2009 kita bisa memanggil atau menyimpan program (Open, Save) juga dapat menjalankan program, mencari bug atau kesalahan.
Stucture / Object TreeView
Object Tree View
Merupakan daftar isi komponen palette yang telah dimasukkan ke dalam form designer. Semisal kita menambahkan sebuah Button kedalam form designer, maka di dalam object tree view akan bertambah sebuah komponen bernama Button1. Begitu juga dengan penambahan-penambahan komponen lainya.
Jika kode yang kita masukkan terjadi kesalahan, maka dibagian ini akan terlihat beberapa baris pernyataan yang menunjukkan dimana terjadi kesalahan. Kita dapat meng-klik 2 kali untuk langsung menuju ke lokasi dimana terjadi kesalahan /  error.
Selain itu, Structure / object tree view juga berfungsi sebagai Properties dan Event. Yang memungkinkan kita dapat menambah atau mengganti sebuat kejadian/ event dan juga properties sebuah komponen yang ditampilkan di dalam Object Inspector.

Welcome Page
Welcome Page
Ketika kita membuka CodeGear™ Delphi® 2009, tampilan pertama kali adalah Welcome Page. Sesuai dengan judulnya. Halaman ini berisi seperti menu Utama atau Toolbar yang memungkinkan kita dapat membuka projek, membuat projek baru, halaman bantuan atau help.
Dan yang cukup menarik disini, kita dapat surfing atau bersalancar di dunia maya internet dengan menggunakan halaman di CodeGear™ Delphi® 2009 ini.

Form Designer 
Form Designer
Tempat dimana kita dapat membuat desain form aplikasi yang kita buat. Atau dengan kata lain, tampilan utama pada aplikasi kita.

Code Editor
Code Editor
Untuk menuliskan kode program, event atau kejadian, penyataan, perulangan dan lain sebagainya dalam bentuk bahasa pascal dengan aturan penulisan / syntax yang berlaku.

Project Manager
Project Manager
Seperti sebuah pernyataan yang muncul, kira-kira bunyinya seperti ini “Ya, Anda benar dalam berfiki bahwa aplikasi harus terdiri dari beberapa file.” Dan pernyataan tersebut dapat kita temukan di dalam IDE CodeGear™ Delphi® 2009.
Didalam Project Manager, kita dapat merubah, menambah, dan menghapus file dalam satu projek yang kita buat. Kita juga mengkombinasi beberapa projek dalam satu grup projek. Dan meng-kompilasinya diwaktu bersamaan.
Project Manager akan ditampilkan secara default ketika kita membuka CodeGear™ Delphi® 2009. Dan diikuti dibawahnya ada beberapa Tab, diantaranya Model View dan Data Explorer. (maaf lho ya.. belum ada penjelasan untuk keduanya. Tapi intinya hampir sama kok.)

Object Inspector
Object Inspectore
Untuk mengganti properties misalnya nama, warna, judul, disinilah tempatnya. Di dalam Object inspector, kita juga dapat membuat event atau menambahkan event yang selanjutnya akan menuju ke kode editor tempat dimana kita mengetikkan sebuah event. Jadi, Object Inspector hampir sama seperti structure. Yah, paling gak gitu deh. Hehe.

Shortcut
Tombol cepat untuk berpindah dari mode desain ke mode code. Dengan cara kita meng-klik salah satu dari code, design, history. Kalau history kayaknya gak perlu dijelaskan ya ?
Atau shortcut dengan kombinasi tombol, F12.

Tool Palette
Tool Palette
Merupakan component atau item untuk aplikasi yang kita kembangkan. Sebagai contoh, item Button, EditBox, Label dan lain sebagainya. Untuk menambahkan ke dalam form, dapat dengan meng-klik 2 kali pada item tersebut, drag and drop, juga dengan klik satu komponen kemudian klik ke form designer, maka otomatis akan ditambahkan ke dalam aplikasi yang kita buat. Dan disitulah kita memulai membuat event atau kejadian-kejadian.

Demikian tulisan ini saya buat, dan Inya Allah dapat memberi manfaat bagi kita semua. Terutama bagi saya pribadi yang secara status masih pelajar dan masih perlu banyak belajar. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2012 Pemrograman Delphi
Theme by Mas. Kha