Kamis, 10 November 2011

Komponen dan Delphi Project Files

Project Files

Judul
Memahami Komponen dan Delphi Project

Kategori
Dasar Pemrograman Delphi

Publisher
Fitri Ariyanto

Referensi
dan banyak sumber lainnya.

Tujuan
Memahami komponen-komponen beserta file/ berkas pendukung aplikasi Delphi.

Sasaran
Semua kalangan dan tidak dibatasi umur. Kecuali bagi Anda yang sudah professional, kurang tepat jika harus melihat ini, dan wajib bagi saya karena saya hanya seorang mahasiswa pemula yang sedang dan terus belajar tentang pemrograman.

Harapan
Diharapkan pembaca dapat memahami komponen-komponen yang mendukung terciptanya sebuah projek atau aplikasi yang dibangun dengan Delphi. Ibarat kata seperti motor, bagaimana jika motor tanpa roda ? (dah pasti gak bisa jalan dong.. )

Lanjutan dari post sebelumnya, tentang Mengenal IDE CodeGear Delphi 2009, bagi yang belum pernah mengenal CodeGear RAD Studio, silahkan lihat post sebelumnya di sini Mengenal IDE CodeGear Delphi 2009. 

Singkat kata tentang pengertian sebuah projek,
Projek adalah suatu urutan peristiwa yang di rancang dengan baik dengan suatu permulaan dan suatu akhir, yang di arahkan untuk mencapai tujuan yang jelas dan di pimpin oleh orang dengan beberapa parameter seperti waktu, biaya, resource dan kualitas. Karena tidak rutin, projek biasanya memerlukan beberapa perencanaan. Semakin kompleks suatu projek, semakin besar perencanaan anda.
Jenis Komponen pada Delphi.
  • Project: Sekumpulan form, unit dan beberapa berkas lain dalam dalam program aplikasi.
  • Form: Suatu object yang digunakan untuk tempat bekerjanya program aplikasi.
  • Unit: Modul kode program.
  • Program: Aplikasi yang dibangun dari satu unit atau lebih.
  • Property: Definisi atribut atau pengaturan suatu objek.
  • Event: Kejadian atau peristiwa yang dirima suatu objek.
  • Method: Procedure atau perintah yang melekat pada suatu objek.
Projek Delphi / Delphi Project Files
Masing-masing projek terdiri dari satu File Project atau (*.dpr). File-file projek tersebut tersusun dan menjadi sebuah aplikasi.
File yang ada di dalam satu projek Delphi diantaranya:

.PAS (Delphi Source File)
PAS digunakan untuk menyimpan kode-kode yang kita tulis. Di dalam Delphi, file PAS digunakan untuk menyimpan hampir sebagian besar sumber kode dari aplikasi Delphi. PAS berisi kode-kode untuk setiap kejadian atau event yang ditangkap dari suatu objek atau komponen. Gunakan CodeGear Delphi / aplikasi Delphi untuk merubah atau mengedit kode. And Do not DELETE .pas files!

.DCU (Delphi Compiled Unit)
Delphi Source File (.pas) yang telah dikompilasi akan menjadi DCU. Pada versi kompilasi ini masing-masing unit akan terpisah menjadi binary-format file dan nama yang sama seperti nama unit file tersebut. Sebagai contoh, Unit1.dcu mengandung kode-kode yang dideklarasikan di Unit.pas. Ketika kita me-build ulang projek kita, maka .DCU tidak akan dikompilasi  tetapi akan meng-kompilasi .PAS yang mungkin telah terjadi perubahan. Jadi aman bagi kita menghapus file DCU tersebut karena file DCU ini akan terbuat ketika kita meng-kompil ulang program. Menurut pendapat saya, gampangnya file DCU nge-backup dari PAS.

.DFM (Delphi Form)
File ini selalu berhubungan dengan file .PAS. DFM berisi tentang property secara detail dari sebuah form beserta objek/ komponen yang ada di dalam (form) tersebut. Kita juga dapat melihat dalam bentuk teks dengan meng-klik kanan di dalam form tersebut, kemudian klik View as Text dari menu popup. Delphi akan menyalin semua informasi yang ada di dalam DFM yang kemudian diselesaikan menjadi file EXE. Perhatian! Harap hati-hati dalam mengubah file ini, karena file ini digunakan ketika pertama kali IDE dimuat.

.RES (Windows Resource File)
Windows Resource file dihasilkan secara otomatis oleh Delphi dan dibutuhkan saat proses kompilasi. RES berupa file binary-format yang mengandung informasi versi dan icon utama pada aplikasi. File / berkas ini juga mengandung sumber informasi lain yang digunakan aplikasi tetapi hal ini disimpan sebagaimana adanya.

.EXE (Application Executable )
Pertama kali kita membangun aplikasi atau standar dynamic-link library (DLL), compiler akan membuat .DCU untuk masing-masing unit yang digunakan setiap projek. Kemudian semua file DCU di dalam projek kita akan terhubung atau terbangun koneksi mejadi satu file yaitu EXE (excutable) atau DLL. File yang terbentuk berformat binary dan hanya berupa satu file, serta dapat didistribusikan ke pengguna lain. File EXE aman untuk dihapus, karena Delphi akan membuat ulang ketika kita mengkompile / menjalankan projek kita.

.~?? (Delphi Backup Files)
File/ berkas yang berakhiran .~?? (contoh: unit1.~pa) merupakan file cadangan yang disalin atas modifikasi dan saat kita menyimpan file/ projek. File ini juga aman jika kita menghapusnya. Namun terkadang kita membutuhkan untuk me-recover program yang rusak.

.DLL (Application Edtension)
Kode untuk Dynamic Link Library atau disingkat DLL. DLL merupakan kumpulan rutinitas yang dapat dipanggil oleh aplikasi atau file DLL lainnya. Seperti Unit, DLL mengandung kode-kode atau sumber daya yang dapat dibagikan atau digunakan. Tetapi DLL dikompilasi secara terpisah dan dihubungkan ke program untuk dapat digunakan. Jangan menghapus file .DLL kecuali kita telah menulis ulang untuk ini.

.DPK (Delphi Package)
DPK merupakan sebuah berkar yang menyimpan berbagai Sumber Pengendali. File ini berisi tentang sebuah kode sumber / source code dari suatu paket, yang mana sering digunakan untuk mengumpulkan beberapa unit. DPK ini mirip seperti file projek, tetapi DPK digunakan sebagai kontruksi khusus dynamic-link library  yang disebut Packages. Jadi, jangan menghapus file .DPK.

.DCP
Merupakan bentuk biner dari file gambar yang tersusun dari paket yang telah dikompilasi. Symbol information dan informasi tambahan yang diperlukan oleh IDE, semua ada di dalam DCP file. IDE akan mengakses file ini untuk membangun projek. Jadi sangat tidak dibolehkan untuk menghapus file DCP ini

.BPL tau .DPL
File ini merupakan Windows DLL dengan Fitur khusus Delphi yang terintregasi. File ini penting untuk distribusi aplikasi yang digunakan oleh paket. Didalam versi 4 dan diatasnya disebut dengan “Borland package Library” dan di bersi 3, disebut “Delphi Package Library”.

Sekian dari saya, ada kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

1 komentar:

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

OK MIN
power supply hp

Posting Komentar

 
© Copyright 2012 Pemrograman Delphi
Theme by Mas. Kha